Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup

Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup - Ada 3 hal umum yang mendasar : Klasifikasi berdasarkan Sistem Alamiah.

Ini berkaitan dengan hubungan kekerabatan dan banyak persamaan bentuk yang nampak (Morfologi). pelornya Michael Adams dan Jean Baptiste de Lamarck.
Klasifikasi ini sangat mudah diamati. Contoh : hewan berkaki dua, berkaki empat, tidak berkaki, hewan bersayap, hewan bersirip, hewan berbulu, bersisik, berambut dan lain-lain. Sedangkan pada tumbuhan, ada kelompok tumbuhan berkeping biji satu, berkeping biji dua.


Kemudian berdasarkan Sistem Buatan (Artfisial). Yaitu berdasarkan persamaan ciri morfologi yang mudah dilihat, namun menggunakan ciri2/ sifat2 yang sesuai kehendak manusia, atau sifat lainnya yang nantinya akan berpengaruh pada manusia. Misalkan ada manusia yang menggolongkan Makhluk Hidupnya berdasrkan reproduksi, sama seperti yang dilakukan Carolus Linnaeus. Misalkan kita mau buat penggolongan hewan/tumbuhan berdasarkan habitat.


Kemudian yang terakhir, berdasarkan Filogenetik. Yaitu berdasarkan kesamaan fenotip terhadap bentuk morfologi, kelakuan, dan warisan keturunan. Pada dasarnya mengarah pada teori Evolusi. brarti ada kaitannya dengan Charles Darwin. Kesimpulan : Sistem ini berdasarkan Sejarah asal-usul makhluk hidup.

Comments

Popular posts from this blog

Latihan Soal-soal Ujian SIM A/Umum, B/Umum, C, dan D

Tips dan Trik Mudah Lulus Ujian SIM C Tanpa Nyogok Calo

Informasi Lengkap Tempat Menghafal Al-Qur'an