Blog Pribadi tempat Berbagi Ilmu dan Pengalaman

Materi Pelajaran Kelas 11 Lengkap, Sistem Peredaran Darah Pada Manusia

Sistem Peredaran Darah Pada Manusia- Kesempatan ini kita membahas mengenai peredaran darah pada Manusia. Pelajaran ini kelas 11.

Baik, kita mulai. yang namanya Peredaran itu, tentu ada yang mengalir. Mengalir di dalam tubuh manusia. Apa saja yang Mengalir dalam tubuh kita? Tentunya Darah.
Kita Mengenal yang yang namanya dara itu berwarna merah, bahkan ada yang merah agak kecoklatan. Namun ternyata darah itu bukan hanya yang berwarna Merah saja, kita akan bahas lebih lanjut.

Darah merupakan bagian dari tubuh yang berperan penting dalam mempertahankan kehidupan. Darah dalam bentuk cair sehingga dapat didistribusikan ke seluruh tuh memalui pembuluh darah. Volume dalam tubuh bervariasi, pada orang dewasa volume darah sekitar 6 liter atau sekitar 7-8 % dari berat badan. Misalnya berat badan 50 kilogram, berarti volume darah berkisar antara 3,5 liter sampai 4 liter.

Darah terdiri dari komponen berbentuk dan komponen plasma. Komponen berbentuk kurang lebih 45% yang terdiri ari sel darah merah atau disebut eritrosit, sel darah putih atau disebut lekosit dan sel pembekuan atau disebut trombosit. 55% merupakan bentuk cair yang disebut sebagai plasma. Dalam plasma ii mengandung 90% air, sedangkan 10% merupakan bahan-bahan terlarut dalam plasma seperti albumin, globulin dan fibrinogen, karbohidrat, vitamin, hormon, enzim, lipid dan lain-lain.

Darah mempunyai fungsi yang bermacam-macam yakni

  1. Fungsi transposrtasi: merupakan fungsi darah yang penting adalah mengangkut gas yakni mengangkut oksigen yang masuk dari paru-paru untuk dibawa seluruh ke jaringan tubuh manusia yang memerlukannya untuk bahan metabolisme. Metabolisme merupakan suatu proses pembentukan energy yang menghasilkan karbondioksida dan bahan-bahan lain sisa. Karbondioksida merupakan bahan yang berbahaya bagi tubuh sehingga perlu dikeluarkan dari dalam tubuh. Darah akan mengangkut karbondioksida ke paru-paru untukdibuang bersama hembusan nafas. Bahan sisa metabolism lain diangkut oleh darah ke ginjal untuk dibersihkan dari darah melalui proses penyaringan di glomerulus ginjal. Darah juga berfungsi mengangkut antibody dan lekosit yang berguna untuk melawan bibit penyakit yang masuk kedalam tubuh melalui ke dalam tubuh.
  2. Fungsi regulasi:Darah mempunyai fungsi sebagai pengatur pH darah dan keseimbangan elektrolit, juga mengatur agar suhu atau panas secara merata diseluruh tubuh.
  3. Fungsi distribusi:Darah akan mendistribusikan nutrient yang diserab usus untuk dibawa ke organ-organ seluruh tubuh. Sebaliknya akan mengangkut nutrien yang berasal dari lemak, otot atau jaringan untuk dipergunakan oleh bagian tubuh yang lain.
  4. Fungsi hemostasis:Darah mempunyai fungsi hemostasis yakni mencegah keluarnya cairan dari pembuluh darah dengan jalan menutup luka. Penutupan luka ini disebabkan adanya trombosit.

Darah itu sendiri ternyata terbagi menjadi 2 komponen yaitu :


#1. Korpuskuler, komponen ini merupakan unsur padat pada darah. Apa saja komponennya?


  • Eritrosit atau sel darah merah
  • Leukosit atau sel darah putih
  • Trombosit atau Keping darah.

InsyaAllah kita bahas satu persatu. Kemudian komponen darah selanjutnya adalah

#2. Plasma Darah, berperan sebagai pengatur osmosis darah, membawa sari makanan, sampah (sisa metabolisme hasil dari sekresi dan beberpa gas.


Terdiri Dari Air 92 %, Nacl, dan Protein darah ( Albumin, Globulin dan Fibrinogen).

Cairan yang tidak ada kandungan fibrinogen disebut Serum Darah. Protein dalam serum ini bertindak sebAgai Antibodi terhadap zat asing.

Kemudian kita merambah ke bagian Eritrosit. Didalam Tubuh kita ini ada darah yang paling utama, Jumlahnya sangat banyak. Kita tidak bisa menghitung manual (5 juta sel/cc buat laki-laki dewasa, 4 juta sel/cc buat cewek dewasa). Inilah Bentuk Eritrosit, ingat!!! Eritrosit Tidak Berinti, dan warna merah itu disebabkan adanya Hemoglobin (Hb) yang memiliki unsur Zat besi.

Berarti Eritrosit itu mempunyai bagian yaitu Hemoglobin. Kita tau yang namanya Anemia? itu berarti dia kekurangan Hb atau Hemoglobin. Hemoglobin ini Fungsinya sebagai Pengikat Oksigen.
Hemoglobin itu kaitannya dengan Pengikat Oksigen dan Memberikan warna darah menjadi merah.Bentuknya Bikonkaf, Bi itu artinya 2 (dua), Konkaf itu artinya Cekung. berarti artinya dua sisi yang memiliki cekungan, seperti gambar diatas.


Kemudian dari mana darah ini di produksi? di bagian Sumsum tulang belakang. Eritrosit itu hanya berumur sekitar 120 hari. Sel yang sudah tua itu dihancurkan di Hati, Kemudian Hemoglobin tadi dirombak, kemudian di jadikan pigmen Bilirubin.

Leukosit, atau yang kita kenal sebagai Sel darah Putih. Sel darah Putih ini jumlahnya sekitar 6 ribu sampai 9 ribu sel/cc. Sel darah ini merupakan yang berjasa untuk melawan zat asing yang masuk kedalam Tubuh. Jadi Fungsi darah itu sebagai Prajurit tubuh kita. Tapi Jumlahnya tergantung sengan zat asing yang masuk ke dalam tubuh kita. Kata yang paling pas adalah sebagai Antibodi. Cara untuk membasmi bibit penyakit/benda asing tersebut dengan cara Fagosit (pemakan). ilustrasi mudahnya sebagai berikut...

Ilustrasinya Fagosit, yang Pacman (yang warna Kuning) sebagai Sel darah putih, kemudian yang Warna Putih itu sebagai zat asing.
Nanah berasal dari sejumlah protein dan sel mati. Ini bagian dari sistem pertahanan tubuh. Sistem pertahanan tubuh yang dimaksud leukosit tipe Nuetrophils, sel darah putih ini diproduksi oleh Sumsum tulang yang dialirkan ke seluruh tubuh melalui darah.
Bagaimana kalo Leukosit ini jumlahnya menjadi Meningkat???
Petunjukknya adalah dengan mengetahui, adanya infeksi. misalkan radang paru-paru, nanahan.

Ada istilah, Leukopeni (berkurangnya jumlah leukosit kurang dari 6 rb sel/cc ).Leukositosis ( Jumlahnya melebihi normal di atas 9 rb sel/cc darah). Sel darah putih mempunyai Inti.

Leukosit itu sendiri terdiri dari 2 (dua) jenis


Pertama Granulosit yaitu leukosit yang sitoplasmanya kasar.

Granulosit ada 3 Jenisnya:

#1. Eosinofil --- mengandung Granula Berwarna Merah (eosin) disebut juga Asidofil. berperan dalam reaksi alergi.
#2. Basofil --- mengandung Granula Berwarna Biru (basa). berperan dalam reaksi inflamasi. atau peradangan.
#3. Netrofil --- Netrofil Batangan berperan sebagai membunuh Antigen dan memory antigen biar lebih mudah saya berikan contoh, kalian pernah sakit Cacar air? Biasanya yang sudah pernah terkena cacar air, sudah tidak pernah terkena cacar air lagi. Itu disebabkan Netrofil tadi memiliki memory tentang penyakit cacar air, sehingga jika penyakit cacar datang lagi ketubuh manusia, maka Netrofil sudah tau cara membasmi dengan tepat sehingga Orang tersebut tidak terjangkit cacar air kembali., Netrofil Segmen, atau bisa disebut PMN (Poly Morpho Nuclear). berperan dalam fagositosis.

Agranulosit , leukosit yang tidak memiliki granula, ada 2 jenis :
#1. Limfosit-----Berperan dalam Imun Spesifik.
#2. Monosit-----Ukurannya yang paling besar. Fagositosis.
protombin berasal dari hati.
Trombosit atau keping darah. Yang paling mudah diingat kalo trobosit kaitannya dengan Proses Pembekuan Darah/ Proses Penyembuhan Luka. Jumlah sel Trombosit Sekitar 200 rb - 500 rb sel/cc.

Berikut Proses Pembekuan darah.

Pada masa Embrio (janin) sel darah diproduksi oleh Limpa dan Hati (extra Medullary haemopoiseis), kemudian apabila perkembangan Embrio sudah cukup usia maka fungsi itu diambil alih oleh Sum-sum Tulang Belakang.

Sekian dulu Postingannya JIKA ADA KESALAHAN MINTA MAAF ^_^.

Baca Juga bab Biology :
Materi Pelajaran Kelas 11 Lengkap, Sistem Peredaran Darah Pada Manusia
Bank Soal Try Out Sbmptn Biologi | Bab Campuran
Bank Soal Try Out Sbmptn Biologi | Bab Reproduksi
Gerak Pada Manusia
Gerak Pada Tumbuhan
Keanekaragaman Hayati
Kingdom Kerajaan Makhluk Hidup
Materi Pembelajaran Virus Lengkap
Materi Pembelajaran, Ekskresi Kulit
Materi Pembelajaran, Pembahasan Golongan Darah A B O, Rhesus, M N Ringkas
Materi tentang Tulang (Ringkas)
Penjelasan Materi Tulang Rawan
Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup
Tata Nama Makhluk Hidup
Tingkat Taksonomi
Video tentang Tulang Rawan

No comments:

Post a Comment