Blog Pribadi tempat Berbagi Ilmu dan Pengalaman

Materi Pembelajaran, Ekskresi Kulit

Integumen atau bisa kita sebut sebagai kulit, jaringan yang menutupi tubuh. Kulit terdiri dari 3 Lapisan yaitu : Lapisan Epidermis dan Lapisan Dermis (korium) dan Hipodermis.
Fungsi dari Kulit : alat pengeluaran berupa kelenjar keringat, pelindung organ dibawahnya, Pengatur dan penyeimbang suhu tubuh, Tempat dibuatnya Vit D dengan bantuan sinar matahari, terdapat saraf perapa sehingga berfungsi sebagai alat peraba.

Lapisan Epidermis ada beberapa lapisan. Lapisan yang pertama adalah lapisan Korneum. Lapisan yang terdiri dari sel-sel mati dan mudah mengelupas. Atau bisa disebut sebagai Lapisan Tanduk. Lapisan yang sangat mudah sekali mengelupas sehingga bisa membuat daki pada kulit. Lapisan Taunduk ini terdiri dari lapisan sel yang berbentuk pipih, mengelupas dan bergantian selalu dengan yang jaringan dibawahnya.
Fungsinya : Melindungi sel-sel yang dibawahnya, Mencegah masuknya kuman-kuman masuk kedalam kulit sehingga terhindar dari penyakit.
Lapisan ini tidak ada pembuluh darah dan syaraf-syaraf, sehingga jika terjadi goresan hanya di daerah ini maka tidak ada rasa nyeri atau tidak ada ras sakit, dan tidak akan keluar darah. Mengapa? karena di lapisan ini hanya terdiri dari lapisan kulit terdiri dari sel-sel mati.

Di Kulit ada yang Namanya Stratum Lusidum. Apa itu ? lapisan tipis transparan dari sel Kulit mati pada Epidermis.
Kemudian di Lapisan Epidermis ini ada Lapisan Malpigi yang terdiri dari dari lapisan spinosum dan lapisan germinativum.
Lapisan spinosum memiliki fungsi sebagai penahan gesekan dari luar terdapat sel-sel banyak sisi (polihedral) yang saling jalin-menjalin. Sel-sel spinosum saling terikat dengan filamen; filamen ini memiliki fungsi untuk mempertahankan kohesivitas (kerekatan) antar sel dan melawan efek abrasi. Dengan demikian, sel-sel spinosum ini banyak terdapat di daerah yang berpotensi mengalami gesekan seperti telapak kaki. Sratum spinosum ini terdiri atas beberapa lapisan sel – sel yang berbentuk polihedral dan pada pemeriksaan dengan mikroskop cahaya pada tepi sel menunjukkan tonjolan – tonjolan seperti duri – duri. Semula tonjolan – tonjolan tersebut disangka sebagai jembatan interseluler dengan di dalamnya terdapat tonofibril yang menghubungkan dari sel yang satu ke sel yang lain.

Sedangkan lapisan germinativum berfungsi sebagai sel-sel yang aktif membelah diri, yang mengantikan lapisan sel-sel pada lapisan korneum.
Lapisan Malpighi juga berfungsi sebagai pelindung dari bahaya sinar matahari terutama sinar ultraviolet dan sekitar 25%-nya terdiri dari sel melanosit, yang memproduksi melanin untuk pigmentasi kulit (pemberi warna pada kulit) dan rambut.

Ujung saraf peraba dingin (korpuskula krausse), peraba tekanan (korpuskula paccini), peraba panas (korpuskula ruffinin), peraba sentuhan (korpuskula meissner), dan peraba nyeri.

Jaringan Bawah Kulit (Subkutan)
Pada jaringan bawah kulit, terdapat jaringan lemak (adiposa). Jaringan lemak berfungsi untuk menumpuk lemak sebagai cadangan makanan dan menjaga suhu tubuh agar tetap hangat.

Baca Juga bab Biology :
Materi Pelajaran Kelas 11 Lengkap, Sistem Peredaran Darah Pada Manusia
Bank Soal Try Out Sbmptn Biologi | Bab Campuran
Bank Soal Try Out Sbmptn Biologi | Bab Reproduksi
Gerak Pada Manusia
Gerak Pada Tumbuhan
Keanekaragaman Hayati
Kingdom Kerajaan Makhluk Hidup
Materi Pembelajaran Virus Lengkap
Materi Pembelajaran, Ekskresi Kulit
Materi Pembelajaran, Pembahasan Golongan Darah A B O, Rhesus, M N Ringkas
Materi tentang Tulang (Ringkas)
Penjelasan Materi Tulang Rawan
Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup
Tata Nama Makhluk Hidup
Tingkat Taksonomi
Video tentang Tulang Rawan

No comments:

Post a Comment