Blog Pribadi tempat Berbagi Ilmu dan Pengalaman

Tips Menulis Artikel Menarik di Blog


Menulis artikel bukan hanya saja menuangkan ide, tapi juga bisa memikat para pengunjung, sehingga betah lama membaca artikel anda sampai habis, No boring. Sudah banyak para ahli blogger yang menuliskan konten yang sama, namun saya juga ikutan joinan bagi-bagi ilmu. Semoga tulisan saya juga bisa menginspirasi anda, dengan gaya tulisan yang berbeda. Langsung gan,

Berikut Tips Menuliskan Postingan pada blog:


KENALI GAYA TULISANMU

Gaya tulisan kamu seperti apa? apakah lebay? atau formal? Jangan sampai gaya tulisan kamu menjadikan para pembaca boring, lelah, kesulitan, membaca tulisan anda. Hindari kata-kata sensitif, SARA, dsb. Hindarkan bahasa "SMS", para pembaca bisa kesulitan, dan dianggap artikel yang "gak bermutu".

ARTIKEL ABADI ATAU SEMENTARA/MUSIMAN

Apa yang dimaksud abadi? dan sementara? Artikel abadi itu artikel yang bisa selamanya dicari banyak orang, Contoh kategori yang mungkin selamanya banyak dicari orang: "Sejarah", "Pelajaran sekolah", dsb.

Sedangkan artikel sementara, pembahasan artikel yang "mungkin" akan punah jika "tidak musim lagi" atau tidak banyak orang yang mencarinya. Contohnya: "Tetorial", mungkin saja ini akan punah jika Topik Tetorialnya sudah tidak musim lagi/tidak populer, dsb. Namun itu Fleksibel, mungkin terjadi, mungkin saja tidak. Anda bisa membuat Artikel sesuai dengan keinginan anda.

TENTUKAN TOPIK, TARGET PEMBACA

Menuliskan artikel sesuai dengan topik blog kamu, misalkan nama web/blog kamu, "Batikeren.com" berarti nama domain itu selaras dengan postingan kamu mengenai batik, atau pakaian. Agak aneh jika namanya "Batikeren.com" tapi isinya hal yang berkaitan dengan jenis-jenis hewan atau mobil.

Target pembaca harus jelas, misalkan blog ini. saya buat blog ini saya khususkan buat para blogger pemula/para peng-hobby ngeblog.

RESEARCH KEYWORD

Agar kamu bisa menemukan sasaran, kamu bisa menemukan kata kunci yang bisa kamu gunakan sebagai judul dan topik pembahasan artikel anda. Gunakan Google Keyword Planner.

STRUKTUR POSTINGAN HARUS JELAS

  1. Judul Artikel Wajib Ada, dan harus terlihat jelas. Jelas Tulisannya, Jelas Kata-katanya, dst.
  2. Tambahkan Link yang mengarah pada Artikel lain, namun se-Topik.
  3. Tambahkan kata-kata Pertanyaan. Misalkan : "Apa Keuntungan Artikel kamu di Halaman satu di Google? Bagaimana caranya?" . Pertanyaan bisa menambah suasana tulisan kamu tidak monoton.
  4. Setelah tulisan kamu bagus, maka sediakan widget Social Sharing Buttons. Berikan kemudahan bagi para pembaca untuk men-Share Artikel anda.

KUASAI SELUK-BELUK PLATFORM ANDA

Sehingga anda tidak mengalami kendala dalam menuliskan atikel. Menguasai seluk-beluk akan bisa mempermudah anda dalam mengotak-atik posisi, tulisan, sehingga tulisan anda terlihat bagus dan rapih.

GUNAKAN LABEL/KATEGORI

Blog anda akan terihat lebih profesional dan rapi, jika ini anda lakukan. Dan ini sangat membantu untuk para pembaca mencari artikel yang anda sudah posting. Menulis kategori/Label yang sesuai dengan konten juga dapat membantu meningkat SERP kamu.

META-DESKRIPSI

Fitur ini berfungsi sebagai, mempermudah artikel kamu mendapatkan posisi di Google. Google akan mudah mengindeks artikel kamu, jika Deskripsi Blog kamu sesuai dengan postingan anda.
Maksimal 150 kata, jangan berlebihan.

PASTIKAN SEMPURNA

Setelah selesai menulis, cek kembali tulisan anda, apakah ada kata-kata yang tidak sesuai??? apakah linknya berfungsi??? atau sebagainya... Selesaikan sampai tuntas.

GUNAKAN HEADING, SUBHEADING, MINOR HEADING

Struktur judul halaman Anda adalah salah satu aspek yang sangat penting dari SEO. Ini mendefinisikan bagian dari konten Anda yang penting. Didalam judul ada sub-judul. Didalam Sub-judul ada Sub-Sub judul. Masing masih ada funsinya. Seperti Artikel ini, kalian bisa tiru gaya artikel ini ( iya kan!!!)

SISIPKAN GAMBAR

Apa sih gunanya gambar?

  1. Melengkapi judul
  2. Gambar itu bisa memberikan perasaan keseluruhan atau emosi posting Anda.
  3. Gambar itu bisa menggambarkan metafora atau analogi yang merupakan bagian dari ide utama Anda.
  4. Gambar itu bisa membangkitkan kejutan atau rasa ingin tahu.
  5. Gambar itu bisa membuat senyum pembaca Anda.
  6. Gambar bisa menaikkan page rank di Google, Bagaimana Caranya???

Para pembaca itu adalah pelajar visual. Gambar dapat membantu pembaca mengambil dan menyimpan informasi yang lebih baik.

ARTIKEL BUKAN HASIL COPAS, PASTIKAN ARTIKEL ANDA HASIL RISET/ORIGINAL

Seorang blogger berusaha untuk menjadikan isi postingan di blognya, buatan sendiri. bukan plagiat. Menulis dengan topik yang sama!!! sah-sah saja, namun tulisan wajib karya sendiri. Sama halnya Artikel ini, sekian banyak orang menuliskan artikel sama, saya berusaha menampilkan konten yang berbeda meskipun topiknya sama.

Sangat berbahanya jika ada para blogger yang meng-Copast "Brutal" tanpa menampilakan link sumber. Justru akan merugikan Anda. Baca Juga Cara Mengecek, Apakah blog Anda di Benned oleh Google!!!

Kerugian apa jika maniak Copast:

  1. Mematikan potensi menulis anda.
  2. Blog anda dianggap "Sampah".
  3. Anda berdosa, jika tidak izin.
  4. Tambahkan Sendiri...
Namun jika anda berusaha membuat artikel sendiri, namun banyak juga para blogger yang menuliskan topik yang sama, Jangan Khawatir!!! anda sudah menghidupkan potensi bakat menulis anda. Kedua, anda tidak dosa...

Usai sudah artikel saya tentang Tips Menulis Artikel di Blog. Semoga ada manfaatnya. Bila ada kesalahan/koreksi/saran/kesan temen-temen blogge bisa kirim komentar dibawah, Saya tunggu komentanya...See You Next Article...

No comments:

Post a Comment