Blog Pribadi tempat Berbagi Ilmu dan Pengalaman

Jurusan Kuliah | Tips Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Artikel kali ini saya mau menulis seputar kuliah. Artikel sebelumnya yang sudah saya Publikasikan tentang Jurusan Kuliah IPA yang Selalu Di-Minati Setiap Tahunnya.

Saya buat artikel ini, karena ada beberapa pengalaman yang saya alami dan sering didiskusikan dengan temen-temen SMA dulu. Baiklah langsung saja ke pembahasannya.

ALASAN, MENGAPA HARUS KULIAH??? KALO NGAK KULIAH, BAGAIMANA???
Pertanyaan Klasik, namun mungkin biasanya dari kita bingung menjawabnya. Pernah berfikir, dulu kita melewati jenjang SD, kemudian SMP, kemudian sekarang SMA. Perbedaan apa yang kamu rasakan??? Jelas berbeda. Dulunya kita "gak tau" sekarang sudah "banyak tau".

Selama kuliah ada yang kita kenal, Proses belajar sistematis, Membentuk pola pikir, Membangun Relasi (Sosial) atau Membangun jaringan dalam Lingkungan, dan sebagainya.

Secara Mayoritas Sangat berbeda pola pikirnya orang berpendidikan rendah dengan yang berstatus Pendidikan tinggi. Bedanya Tukang Jamu keliling dengan Owner Jamu Instan. Sama-sama jualan jamu, tapi berbeda status.

Kita lihat Negara Jepang, China, Jerman, Amerika, Inggris dan Negara-negara Maju lainnya. Apakah negara mereka maju tanpa ilmu? Mustahil tanpa Ilmu. Sebuah Negara akan Maju jika Penduduknya Standart pendidikannya tinggi.

Bayangkan jika 99% masyarakat Indonesia semuanya berpendidikan tinggi. Negara Kita bisa menjadi Negara Adidaya??? (Tapi, tidak sekedar ilmu saja. Ada hal yang lain yang juga perlu di tingkatkan)

Ingat juga Setelah Jepang dibom oleh Amerika di Hirosima, Nagasaki. Kaisar Hirohito mengatakan "Kumpulkan Guru-guru(ilmuwan)".

Artinya, kita harus terus belajar, salah satu jalannya dengan kita Kuliah.

Namun juga sangat banyak yang tidak mengenyam pendidikan, Tapi sukses. Contoh: Bob Sadino, beliau tidak sekolah formal sampai Kuliah. Tapi beliau sangat Kaya, dengan bisnisnya yang Mendunia.
Pasti kalian juga tau siapa saja yang Sukses, namun tidak Mengenyam pendidikan Kuliah!

Namun itu semua, kembali pada NIAT Kamu. Apakah kamu kuliah sekedar cari muka!!! Apakah kamu kuliah sekedar ikut-ikutan!!! Apakah kamu kuliah karena gengsi!!!

Tapi seorang Bob Sadino, tidak hanya pasrah begitu saja. Beliau tetap belajar, namun tidak pada jalur formal.

Alasan-alasan itu hanya kamu yang bisa menjawab???

DAMPAK SALAH MEMILIH JURUSAN
  1. Motivasi Belajar menjadi turun,
  2. Banyak Materi Kuliah yang diulang
  3. Rugi waktu, Rugi Biaya
  4. Kesulitan dalam Menghadapi Masalah
  5. Indeks Prestasi Menjadi Rendah
  6. Pikiran Menjadi Galau Sepanjang Masa
  7. Kesulitan Mencari Pekerjaan
  8. dan sebagainya...
BAGAIMANA MENGHINDARI KESALAHAN TERSEBUT???


  1. Tentukan Niat Awal kamu. Hindarkan Ikut-ikutan Tren atau Gengsi. Biasanya ada perasaan gengsi kalo gak kuliah di jurusan favorit di Universitas terkenal. Namun, tidak dilarang juga kita menentukan target yang tinggi, tapi persoalannya Jangan sampai kita hanya ikut-ikutan temen-temen karena gengsi.

    Lulusan SMA beramai-ramai ingin menjadi Dokter, Mungkin saja mereka memang bertujuan ingin menjadi Dokter, tapi juga tidak sedikit yang memilih jurusan kedokteran karena Gengsi semata. Saya tumbuh di Lingkungan Dokter, Orang tua, dan Orang sekitar saya, tapi orang tua saya yang tidak menyuruh saya memilih jurusan Kedokteran.
  2. Ketahuilah Keunggulan/Talenta Kamu, dan Minat Kamu. Untuk mengetahu itu, cara termudah dengan melihat pelajaran, kegiatan, dan hobby yang paling di sukai. Jurusan yang kamu pilih bisa dari Pelajaran, Kegiatan, dan hobby kamu yang paling kamu senangi.
  3. Setelah mengetahui sendiri apa Minat kamu dari Tips sebelumnya, kamu juga bisa menanyakan Kepada Temen terdekat, Saudara terdekat, Orang tua, dan sebagainya tentang Bakat Kamu. Mintalah Masukan dari mereka tentang bakat dan minat.
  4. Ikuti juga Test Psikotes, atau diskusi dengan Guru BP atau Binglas (Pembimbing Kelas) kamu. Kalo kamu ikut Test Psikotes, disana akan ada test-test yang akan mengungkap potensi, kepribadian, kecerdasan dan sebaginya. Dan hasil Test Psikotes akan menyarankan jurusan yang cocok sama kamu, sesuai dengan hasil Test Psikotes.
  5. Kumpulkan Informasi Jurusan selengkap-lengkapnya. Kamu harus mengerti jurusan mana sesuai dengan keinginan. Misalkan, Jika Nanti Memilih Jurusan ini, saya nanti mendapakan Prospek kerja apa? Apa bedanya Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi? Artinya "Jangan sampai "salah kamar".
  6. Konsisten dan Komitmen Kuat. Artinya segalanya harus Berani dikorbankan, Biaya, Waktu, Tenaga, Pikiran, dan yang lainnya. Apabila jurusan yang dipilihnya harus bersedia menyiapkan Biaya mahal, Mau gak mau kamu harus bersedia. Mencurahkan segala daya upaya untuk mewujudkan impian kamu.
  7. Pertimbangkan yang Menyangkut Agama. Contoh : Karena saya Islam, maka saya berusaha mencari universitas yang bukan Perguruan Tinggi Kristen.
  8. Pertimbangkan yang Menyangkut Lingkungan Kuliah. Kenali Lingkungan "Kampus" kamu yang akan kamu pilih.
  9. Pertimbangkan Lokasi Tempat Kuliah Kamu. Apakah kamu siap? Kuliah Luar Negri atau dalam Negri saja?
  10. Pilihlah Kampus yang Fasilitasnya "baik". Berarti pilih Universitas yang Akreditasinya "Baik". Hal ini sangat penting, untuk menunjang belajar kamu.
  11. Pertimbangkan masalah biaya kuliah.
  12. Tentukan Jalan Alternatif, Cara kamu apabila tidak di terima di Universitas yang di Targetkan. Apa yang saya lakukan jika Saya tidak diterima di Jurusan Impian?
  13. Bagi yang beragama Islam, Minta Petunjuk sama Allah, Kemudian Sholat Istikhoroh. Sebenarnya inilah bagian yang sangat terpenting bagi Kalian, Sadar bahwa semua Keputusan terbaik adalah Milik Allah SWT. ^_^

Semua Keputusan Ada di Kamu, dan Memilh Jurusan Kuliah Mungkin saja adalah Keputusan tebesar dalam kehidupan kamu. Dan yang tepenting dari semua itu Tetapkan tujuan mulia untuk diri kamu sendiri, Keluarga, Kerabat, Masyarakat, dan Agama.

Sekian dulu Artikel yang sedikit ini, Mudah-mudahan bisa buat Refrensi buat kamu yang mau Milih Jurusan. Saya buat Artikel ini Jurusan Kuliah | Tips Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat, bukannya saya paling hebat. Tapi saya hanya sekedar ingin Menuliskan hal-hal bisa bermanfaat.

Jika Di dalam Artikel Ane ada Kesalahan, Silahkan berikan Saran dan Masukan di Laman Komentar bawah ini. See You Next Nice Article.

No comments:

Post a Comment