Blog Pribadi tempat Berbagi Ilmu dan Pengalaman

Cara Mengoptimalkan Posting/Artikel Blog SEO On-Page

Cara Mengoptimalkan Posting/Artikel Blog SEO On-Page
Sesuai janji saya kemaren saya akan bahas seputar SEO On-Page. Meskipun sudah banyak sekali Master SEO yang sudah membahas hal ini, Namun saya yang juga ingin memberikan Ilmu SEO, agar Ilmu saya tidak hanya buat sendiri saja. Baiklah, Inilah Pembahasan tentang Cara Mengoptimalkan Posting/Artikel Blog SEO On-Page kita agar mendapatkan posisi teratas di Search Engine. Mungkin yang belum baca tentang Definisi SEO.
Cara Mengoptimalkan Posting/Artikel Blog SEO On-Page

Apa itu SEO On-Page?

SEO On-page merupakan salah satu upaya kita mengoptimasi Blog kita, melalui "Indoor". Saya akan memberikan Analogi sederhana terkait SEO On-Page. Sederhananya, Apabila kita memiliki Restoran, Maka kita perlu memaksimalkan hal-hal dari dalam. Seperti kita Mempercantik Ruangan Restoran, Kualitas Makanan yang disajikan, Fasilitas atau Fitur Kursi Meja yang Indah/Mewah, Memaksimalkan Pelayan Restoran, dan sebagainya.

Apabila Restoran kita menjadi terlihat lebih keren dibanding Restoran sebelahnya, maka pengunjung akan lebih banyak mampir datang ke Restoran kita. Namun juga sebaliknya, apabila Restoran kita "Saangaaat Buuuruk", Sudah pasti pelanggan kita tidak akan mengunjungi Restoran kita.

Sama Halnya kita membangun sebuah Blog. Kita ibaratkan Blog adalah Rumah Makan. Blog Kita juga bisa kita hiasi dengan fitur-fitur yang ada, tujuannya membuat Blog kita lebih tertarik sehingga akan banyak mengundang banyak Orang mengunjungi Blog kita.

Apa aja sih yang perlu kita ketahui dan disiapkan untuk Mengoptimalkan SEO On-Page diantaranya:

  1. Title Tag
  2. Meta Description
  3. Heading Tag
  4. Image Alt (Optimasi Gambar)
  5. Link URL
  6. W3Validation
  7. Contain Optimization (Konten Berkualitas)
  8. Sitemap Creation
  9. Page Loading 

Saya akan bahas satu, Semoga penjelasan saya mudah di pahami. Baiklah kita mulai dari yang pertama.


Langkah Pertama
Gunakan Judul atau title pada setiap Posting atau Artikel yang kamu buat. Sesuaikan Tulisan/Frase Judul Artikel dengan Kontennya. Judul Artikel yang akan dipublish adalah hal yang sangat-sangat terpenting. Gunakan Frase atau Kalimat Judul yang tepat, alias sesuai tema yang kita targetkan. Misalkan seperti gambar ini.

Langkah Kedua
Apa itu Meta Description? yaitu bagian yang berfungsi sebagai Deskripsi Blog yang akan ditampilkan di Halaman Penelusuran Search Engine. Bagaimana Caranya?
Anda harus melakukan:

  1. Masuk ke Dasbor Blogger Anda
  2. Masuk ke Setelan dan pilih submenu Preferensi Penulusuran
  3. Lihat Bagian Tag Meta, Kemudian Aktifkan Penelusuran
  4. Isi Deskripsi tentang Blog kamu.

Jangan Lebih dari 150 karakter, dan Tuliskan deskripsi sesuai target tema Blog kita. Master SEO yang lain juga menyarankan agar tidak menuliskan kata kunci atau kata yang di targetkan terulang-ulang.


Lalu kita juga mengaktifkan Deskripsi setiap Halaman Posting/Artikel. Bagaimana Caranya? Otomatis, apabila Anda sudah Menuliskan Deskripsi Blog kita maka akan muncul otomatis di sidebar kanan pada halaman Buat Entri Baru. Seperti Gambar dibawah ini.

Cara Mengoptimalkan Posting/Artikel Blog SEO On-Page


Langkah Ketiga
Apa itu Heading Tag? yaitu bagian yang memberikan format perbedaan kalimat pada Artikel. Di dalam Artikel diberikan Judul (Kepala Artikel), kemudian Sub Judul, bila perlu berikan juga Sub-Sub Judul. Dengan cara ini, Search Engine akan melihat Artikel kita terlihat lebih relevan.

Langkah Keempat
Apa itu Image Alt (Optimasi Gambar)? yaitu memberikan Deskripsi pada setiap gambar di dalam Artikel yang akan dipublish. Gambar-gambar yang di masukkan kedalam postingan kita sebaiknya di berikan Frase atau kalimat deskripsi yang menarget kata kunci pencarian. Bagaimana Caranaya? Lihat pada Gambar dibawah ini.

Cara Mengoptimalkan Posting/Artikel Blog SEO On-Page

Langkah Kelima
Apa itu Link URL? yaitu alamat/link Artikel Blog yang dipublish. Tujuannya Link yang relevan lebih disukai Search Engine. Berikut Contoh URL yang jelek dan yang lebih pantas.

URL jelek: http://bani-fahmi/8758hk75j78/name.php?id=23etr7i

URL yang pantas:
http://bani-fahmi.blogspot.com/cara-mengganti-template-blog-keren/
http://bani-fahmi.blogspot.com/2014/01/cara-mengganti-template-blog-keren.html

Langkah Keenam
Apa itu W3Validation? yaitu upaya memperbaiki kode-kode HTML Web/Blog yang sekiranya mengalami kesalahan. Silahkan mencoba cek Validasi Halaman Web/Blog Anda di validator.w3.org. Namun untuk menghindari kesalahan 100% sangat sulit sekali.

Cara Mengoptimalkan Posting/Artikel Blog SEO On-Page

Namun sebagian Master SEO beranggapan Validasi ini tidak berpengaruh besar terhadap Web/Blog kita. Tapi bagi saya ini bukan masalah, jika kita mencoba memperbaiki Validasinya.

Langkah Ketujuh
Contain Optimization (Konten Berkualitas). Artikel yang ingin dibaca banyak orang, harus Konten yang berkualitas, Bukan Hasil Copy Paste. Bagaimana Cara Menghindari dan Melindungi Konten Kita yang Berkualitas? Baca Cara Melindungi Konten Agar Tidak di Copy-Paste.

Langkah Kedelapan
Apa itu Sitemap? Yaitu Peta situs. Sitemap bertujuan agar Search Engine dapat dengan mudah mencari Artikel dari Web/Blog kita. Contoh Sitemap adalah berupa file XML
Metadata XML membantu search engine sehingga lebih mudah membaca dan menelusuri Web/Blog kita.

Langkah Kesembilan
Apa saja yang mempengaruhi Cepat atau Lambatnya Loading Halaman Web/Blog kita? Hal yang paling berpengaruh adalah file template Web/Blog. Bagi para Blogger menghindari Page Loading yang buruk maka carilah Template yang lebih ringan.

Berikut ini adalah penjelasan Singkat seputar SEO On-Page. Semoga bermanfaat khususnya para Newbie. Langkah-langkah ini adalah bagian untuk meningkatkan kualitas Web/Blog di mata Search Engine. See You Next Article...

No comments:

Post a Comment