Cara Ngurus Blog yang Baik

Hari ini gw pengen curhat, masa-masa perkenalan dengan Blog. Awal pertama blog yang gw bikin dari platform gratis Wordpress.com, saat itu gw masih SMP. Hanya sekedar kenal, dan belum mengetahui efek ketagihan dari Ngeblog.

Saat SMA (kalo tidak salah inget) mulai mencoba mengawali karir Ngeblog menggunakan Blogger.com. Mulai mengenal yang namanya Ngeposting aneh-aneh, hal-hal yang gak penting, dan semua itu COPAS BRUTAL alias Ngopas tanpa Sensor.

Level berikutnya gw mulai mengenal SEO, efek dari keasyikan Blogwalking (jalan-jalan maya). Mulailah tertarik menulis hal-hal yang sama seputar SEO. Mulailah gw sering cari-cari refrensi buat Ngepost masalah SEO, dan dari sinilah gw TOBAT dari COPAST BRUTAL.

Gw langsung ketagihan, keseringan begadang akibatnya abis shubuh tidur lagi. hehehe. Gw juga mengenal RANK Alexa, Gimana caranya biar blog gw semakin naik Ranknya? Gw juga mencoba Cara Validasi HTML? dan sebagainya. Namanya juga anak ABG, rasa penasaran yang berlebihan.

Sekian lama gw Ngurus Blog, akhirnya gw juga menemukan TITIK JENUH. Artinya gw mulai mengerti cara mengurus Blog yang bener tanpa harus setiap saat mengawasi Statistik, Komentar Masuk, dan sebagainya. Dan gw mulai Nyadar, begitu lebih pentingnya Sosial dialam nyata dibanding di dunia maya.

Sangat wajar jika anak SMP atau SMA yang baru mengenal Blog, "mereka" sangat begitu rajin memoles blognya. Apa artinya terlalu sibuk ngurus Blog namun tugas yang semestinya terbengkalai, seperti hal pokok: Sholat jama'ah bagi yang cowok, tugas sekolah yang ditunda-tunda, dsb.

Gw bukan menyalahkan siapapun, namun gw belajar dari pengalaman dan dari sini gw mulai mengetahui skala prioritas.

Intinya:

  • Menulis sesuai dengan bidang, dan ketertarikan masing-masing pribadi dan jangan mudah terpengaruh menulis konten yang bukan bidangnya. Maka blog anda akan lebih terfokuskan pada tema sesuai dengan minat anda.
  • Buatlah jadwal kegiatan keseluruhan, dan berikan jadwal menulis/mengurus blog sesuai dengan waktu yang ditentukan. Setelah membuatnya, jaga komitmen dari jadwal yang sudah anda buat.
  • Buatlah tujuan. Untuk apa saya Ngeblog?
  • Menulis dengan kata yang bijak, hindari konten buruk.
  • Jangan terlalu fokus dengan tampilan Theme/Template/Tata Letak sehingga konten-konten yang dibuat justru tidak berkualitas. 
  • Membangun Image Blog anda menjadi "profesional". Caranya dengan membangun kepercayaan lewat konten/suguhan yang berkualitas kepada pengunjung, sehingga pengunjung akan merasa butuh kepada anda.
  • Jangan terlalu terburu-buru untuk setiap saat update posting, jika anda memang baru membuat sebuah blog. Sediakan waktu yang sudah terjadwal untuk menulis, kemudian konsisten menulis. Lebih baik terjadwal rutin update daripada sekali update langsung banyak.
  • Jaga kualitas artikel anda, dan buatlah konten yang baru dan jangan terkesan meniru, atau bahkan menyalin artikel yang sudah ada.
Berikut yang harus kalian hindari:
  • Jika anda seorang master, jangan anggap remeh blog-blog kecil. Siapa tau "mereka" kedepannya jauh lebih baik dari anda.
  • Menyalin/menduplikat Template orang dengan membuka view source, kemudian menghilangkan link Author yang sesunggungnya. Hargai karya orang lain.
  • Selebihnya kalian tambahkan sendiri, hehehe...
Gw sudahin curhatan kali ini, sebelum ditutup... ada kata mutiara yang bagus untuk anda baca dan dipahami.

"Inovasi adalah yang membedakan antara PEMIMPIN dan PENGIKUT"
Steven Job
 INOVASI itu mahal harganya, daripada sekedar meniru bahkan menyontek.

Comments

Popular posts from this blog

Latihan Soal-soal Ujian SIM A/Umum, B/Umum, C, dan D

Tips dan Trik Mudah Lulus Ujian SIM C Tanpa Nyogok Calo

Informasi Lengkap Tempat Menghafal Al-Qur'an