Blog Pribadi tempat Berbagi Ilmu dan Pengalaman

Cara Mudah Riset Keyword

Riset Keyword adalah menganalisa kata atau beberapa susunan kata yang identik dan relevan kemudian kata kunci tersebut bisa digunakan sebagai bahan acuan sebagai judul,kategori, ataupun artikel.
Riset keyword hanya mencari variasi kata kunci yang anda target dan paling banyak pencarian di Search Engine.

Mengenal Riset Short Tail dan Long Tail Keyword

Penerapan strategi ini saya menggunakan layanan riset tools gratisan yang paling populer, yaitu keyword planner yang disediakan Google, namun ada banyak tempat layanan yang menyediakan riset keyword lainnya berbayar maupun gratisan. Berikut layanan yang menyediakan Riset Kata kunci :
  • Moz Keyword Analysis (berbayar) $99 per bulan + trial gratis selama 30 hari.
  • Raven Tools Research Central (berbayar) $99 per bulan + trial gratis selama 30 hari.
  • Keyword Discovery (berbayar dan Free) $69,95 per bulan.
  • Suggestions (Free).
  • Long Tail Pro (berbayar) $97 seumur hidup, $17 per bulan ketegori tertentu.
  • Ubersuggest (Free).

Ada 2 Istilah; Short tail dan Long tail Keyword

Short tail keyword adalah versi pendek, hanya 1 kata  atau 2 kata saja. Short Tail masih bersifat umum banget.

Misalkan saya meletakkan kata kunci "Leptop, Lenovo, Acer, Asus, Dell, Sony, Advan" sebagai simulasi ini.



Sedangkan istilah Long Tail Keyword yang memiliki arti kata kunci yang terdiri dari 3 sampai 6 kata yang tersusun, lebih tepatnya struktur kalimat yang mengarah pada produk atau tema/judul yang lebih spesifik.

Saya mensimulasikan kata kunci "acer aspire one d255";


Anda memilih jenis kata kunci yang seperti apa? 

Itu terserah anda. Namun banyak yang sudah senior mengatakan pencarian kata kunci yang pendek jauh lebih sulit dibandingkan dengan kata kunci yang panjang. Namun untuk semua niche itu tidak sama, tergantung.

Kolom "Compitition" Google AdWords Keyword Planner adalah persaingan pengiklan di AdWords bukan persaingan di mesin pencari Google.

Menurut saya tentang cara riset keyword

Menurut saya bagi para blogger lebih mengutamakan kata kunci yang panjang. Mengapa? Bisa dikatakan sulit mengalahkan Website yang sudah senior dan sudah friendly dimata search engine, sudah memiliki page rank yang tinggi, dan website raksasa. Kita bisa menggunakan kata kunci yang lebih spesifik yang banyak jumlah pencariannya.

Namun saya bisa katakan pula, bahwa riset kata kunci yang berhasil posisi utama itu untung-untungan. Namanya juga kita bersaing. Banyangkan saja jika ada Ribuan orang pakar SEO yang sama-sama menerapkan Strategi SEO.

Sudah bisa dipastikan kita yang belum punya page rank + website baru, sangat mungkin kalah dalam persaingan posisi serp.

Cara Menemukan Ide Kata Kunci untuk Membangun Strategi Website dengan Keyword Planner

  • Masuk ke Website adword.google.com > Klik Tools > Keyword Planner.
  • Klik Search for new keyword and ad group ideas.
    • Setelah memasukkan ide kata kunci  > Klik Get Ideas. Pilih Kolom Targeting, kemudian isilah sesuai dengan analisa anda yang ingin anda tergetkan.
    • Analisis dan Me-Review hasil yang ada di tabel.

    Jika kita melihat hasil dari rata-rata orang yang mencari kata kunci, kita bisa melihat ,manakah jumlah terbanyak orang mencari kata kunci tersebut. Jumlah orang mencari dengan kata kunci acer Indonesia 14,800. Maka kata kunci tersebut cukup potensial untuk dijadikan Keyword dalam penempatan judul, artikel, maupun kategori.
    Pilihlah kata kunci yang jumlah pencariannya paling banyak, dari situ kita bisa kembangkan. Hindari kata kunci yang jumlahnya pencarian rata-ratanya sedikit, sia-sia nantinya.
     Catatan, Kolom Kompitisi bukan menunjukan jumlah pemilik kata kunci tersebut, melainkan jumlah pengiklan di AdWords yang menunjukkan di setiap  kata kunci relatif yang ada di Google. Kira-kira seperti itu :).
    • Terakhir, anda bisa mendownload hasil analisa kata kunci dalam bentuk MS. Excel.

    Kesimpulan dari Cara Riset Keyword

    Kita bisa menggunakan fasilitas ini sebagai acuan kita sebelum menuliskan artikel ataupun pemasaran ke search engine. Namun untuk bisa mengoptimalkan untuk ditampilkan pada posisi pertama pada halaman search engine, kita harus memperhatikan teknik SEO.

    Sekian :) jika ada salah, saya juga masih belajar  kok... :)

    No comments:

    Post a Comment