Blog Pribadi tempat Berbagi Ilmu dan Pengalaman

Dilema Blog Newbie Versus Blog Master

Blog Newbie Versus Master
Newbie istilahnya adalah pemula, Blog Newbie berarti blogger pemula. Blog master artinya seorang blogger yang sudah ahli, dari ilmu SEO, Coding-codingan, sampai cara memikat pengunjung. 

Ada banyak hal jika bandingkan, namun saya bukan menjelekkan salah satu pihak manapun. Bagaimana pun saya menuliskan secara netral. Ada banyak hal yang saya ingin curahkan disini. Namun saya kali ini mau membela mereka yang masih pemula. Saya kan masih pemula, hehehe.

Pertama, Jangan salahkan para pemula. Bagaimanapun mereka adalah orang-orang yang berusaha untuk menyamai blog-blog master dan populer.

Saya sangat yakin, hal yang membuat mereka semangat gonta-ganti template, sampai berusaha dengan keras mencari keyword yang bagus, dan berbagai cara mereka lakukan. Tapi itulah proses belajar.

Kedua, Saya berkeyakinan juga, bahwa mereka pasti banyak terinspirasi oleh para master yang populer. Para master banyak menuliskan banyak tutorial dan tips menjadikan blog ataupun website menjadi terkenal atau banyak pengunjungnya. Sehingga mereka berusaha untuk meniru, bahkan sampai desain blog bahkan postingannya. Inspirasi itu halal asalkan...

Jadi, jangan salahkan juga banyak para pemula yang banyak yang copy paste dengan sembarangan. Mungkin mereka sangat menginginkan banyak artikel di blognya, namun mereka masih minim ilmu.

Ketiga, Jangan sesat mereka dengan Trik-trik SEO palsu, alias tidak terbukti kalo itu trik bohongan. Sangat menyayangkan pula, ada para master yang sengaja menipu mereka para pemula dengan mengiming-imingi Jasa SEO berkualitas denga harga yang lumayan mahal, dengan menamakan dirinya pakar SEO. Jangan bodohi mereka.

Keempat, Para pemula juga manusia. Memiliki hasrat untuk mendapatkan keuntungan dengan cepat. Sehigga mereka kurang bersabar. Memasangkan iklan-iklan sembarangan demi uang receh online. Itulah sebuah proses belajar dari pengalaman.

Kelima, Kebanyakan pemula adalah mereka yang masih sekolah, mungkin SMP, SMA. Jadi cara Ngeblog mereka masih salah karena juga mereka masih proses belajar. Tapi juga banyak juga kok, mereka yang sudah ahli tapi masih SMP. Soalnya saya juga pernah menemukan blog anak SMP yang saya katakan lumayan artikelnya. Jangan dianggap remeh.

Keenam, Jangan anggap mereka sebagai penggembira, terutama dalam kontes SEO. Newbie bisa dipastikan kalah, tapi hargai mereka.

Bagi para master, harus bagi-bagi ilmu supaya mereka mengerti Ngeblog yang benar. Kedepannya para Newbie ini bisa ikutan bersaing juga.

Pesan  untuk kawan yang bener-bener Newbie

  • Point terpenting buat Newbie adalah bersabar dan Konsisten
  • Pilihlah Niche yang paling sesuai dengan kemamuan kalian
  • Jangan Copy Paste yaaa... ntar di buly
  • Harus punya keyakinan, bahwa blog kalian bisa menjadi blog populer
  • Jangan terlalu terobsesi terlebih dahulu untuk mendapatkan uang online
  • Jika memang anda benar-banar seorang pemula, fokus terhadap konten
  • Konsisten update konten
  • Mulailah terapkan ilmu SEO perlahan-lahan
  • Jangan putus asa, nasehat klasik,hehehe...
Sekian.

No comments:

Post a Comment