Blog Pribadi tempat Berbagi Ilmu dan Pengalaman

Kursus Bahasa Arab Gratis [Pengalaman]

Kali ini saya akan sedikit sharing pengalaman tentang belajar bahasa Arab. Saya mendapatkan informasi melalui media social (saat itu saya dapat dari Whatsapp). Ada kursus bahasa Arab di LIPIA Gratis.

Kemudian saya mendatangi LIPIA untuk mendaftarkan diri. Mungkin bagi anda yang belum mengenal LIPIA, LIPIA adalah kepanjangan dari Lembaga Ilmu dan Pengetahuan Islam dan Arab. Terletak di depan Mall Pejaten Village, disana merupakan tempat belajar yang diselenggarakan oleh pemerintah arab untuk orang-orang non-arab, khususnya orang asia.

Saat itu saya mendatangi stand pendaftaran dan membeli formulir seharga Rp 10.000,-. Kemudian langsung ada proses seleksi. Saat itu kriteria yang harus dimiliki adalah umur yang tak boleh kurang dari 18 tahun dan lebih dari 55 tahun.

1 hal yang paling penting adalah harus bisa membaca Al-qur'an. Hanya itu saja, selain itu disaat proses wawancara (seleksi), kita disuruh untuk membaca dan menuliskan bahasa arab (mungkin untuk melihat kemampuan bahasa Arab). Jika saja yang mendaftar sudah sangat "jago" berbahasa arab, mungkin sekali mereka akan gugur. Sebab ini merupakan tempat khusus untuk "Pemula".

Jarak antara seleksi dengan pengumuman sekitar 1 bulan (mungkin saat itu sedang waktunya liburan). Tak apalah...

Alhamdulillah saya diterima, saat itu jumlah pendaftar kira-kira 800 dan yang diterima kira-kira 508 (saat itu).

Hari pertama "anak baru" ngumpul diberikan pengarahan dan intinya kita "Harus Fokus Mengikuti Progran Ini, Sebab Point Kehadiran Salah Satu Point yang terpenting". Total jam pelajaran 190 . Kita hanya boleh tidak hadir (Izin) 25%, tanpa keterangan 10% (mungkin kira-kira begitu). Jika kurang dari standart maka akan gugur.
Hari pengarahan

Selain itu buku yang digunakan adalah 'Arobiyah baina yadaik. Saat itu Lipia memberikan subsidi setengang persen, menjadi Rp 180.000 dari harga normal.

'Ala kulli hal, insyaAllah ini yang terbaik. Dengan berbahasa Arab kita mendapatkan kemudahan dalam memperdalami agama.

Bagi yang ingin kursus, jangan ragu...

No comments:

Post a Comment