Blog Pribadi tempat Berbagi Ilmu dan Pengalaman

Tips dan Trik Lulus Ujian SIM C Tanpa Nyogok

Lulus Ujian SIM C Tanpa Nyogok - Kisah ini berdasarkan pengalaman membuat SIM C dan SIM A, (SIM A masih gagal :( ). Namun Alhamdulillah SIM C nya berhasil dengan sempurna walaupun mesti gagal 1 kali.

Ada banyak faktor mungkin dari temen-temen, sehingga akhirnya mengambil jalan pintas (Nyogok). Memang sih di Indonesia ini penuh dengan kerancuan. Kitanya maunya yang bener, eh tapinya yang "sononya" yang gak bener. Sedih banget dah...

sumber : phenyukerooo[.]blogspot[.]com

Gw saat itu umurnya 18 tahun, merasa sudah sangat perlu punya SIM, apalagi mondar-mandir Jakarta-Bogor. Gw tinggal di Kabupaten Bogor, maka gw harus membuat SIM di Polres Bogor, letaknya di Cibinong.

Karena gw tinggal jauh banget dengan lokasi Polres, gw enggak mau nyia-nyiain. Langsung aja Prosedurnya cara buat SIM A dan C:
  1. Menuju loket pendaftaran,
  2. Diarahkan untuk membuat Surat Kesehatan, lokasi Klinik tidak jauh dari Polres (dibelakang). Biaya Rp 20.000,-
  3. Kemudian, fotocopy KTP, dan kembali lagi ke loket pendaftaran. kemudian Tunggu di tempat antrian ujian Praktek.
  4. Jika semua Ujian praktek dan Teori berhasil, Agan tinggal tunggu untuk proses selanjutnya (mengisi form, dan foto). Tunggu kira-kira 15-30 menit. Kemudian bayar Rp 100.000,-
  5. Selesai.
Entah kenapa, di Polres Bogor ini ujian praktek dulu baru Teori. Padahal yang gw tau di prosedur di Website simkeliling.info dituliskan Ujian Teori (jika lulus) lanjut ke Ujian Praktek.

Tips persiapan buat kalian yang mau Niat banget bikin SIM C:
  1. Sarapan (kecuali lagi puasa). Bayangin, semua itu butuh tenaga, konsentrasi, mental harus kuat, dsb. Pokoknya sarapan itu penting banget. Bisa aja agan dateng pagi nih, eh ternyata yang ngantri sampai 200-san. Gemporkan!
  2. Datang Pagi itu penting. Tapi terserah sih, kalo enggak mau nunggu antrian banyak-banyak, mau enggak mau harus datang pagi. Ingat gan, antrin itu bisa jadi sampai Ratusan. bayangin aja, misalkan 1 orang 5 menit, trus kalo agan antriannya yang 50, tinggal kaliin tuh. 5x50=4 jam lah kira-kira... tapi enggak selama itu kok hehehe... (kan ada 6 motor...). Ingat! Pelayanan hanya sampai Jam 12.
  3. (Ujian Teori) Agan persiapan bener-bener sudah tau tipe model soal-soalnya, yang mau tau download Contoh soalnya Disini.
  4. (Ujian Praktek) Agan harus benar-benar lancar bawa motornya. Untuk medang Ujian Prakteknya ada Lintasan Lurus, Lintasan U, lintasan 8, dan zigzag.

Banyak cerita tentang gagal sampai 7 kali, tapi aku rasa kebanyakan yang seperti itu bapak-bapak yang tua. Ada perasaan menyesal juga, knapa gw kok gagal di Ujian Teorinya. Tapi ya sudahlah.

Oke, ini tips Ujian Praktek dilapangan (semoga bermanfaat):
  1. Agan gunakan motor yang sesuai. Ada 3 jenis motor yang disediakan. Motor Supra, MIO, dan Tiger. Jika sehari-hari memang terbiasa dengan Matic, jangan malu-malu untuk mengantri yang matic. Meskipun agak gensi sih hehehe... terutama buat yang cowok. Ada 3 jenis batas kegagalan:
    1. Motor MIO, biasanya ini kebanyakan yang ngantri Wanita. (3 kali kesempatan untuk wanita, 1 kali kempatan untuk laki-laki).
    2. Motor Supra, (1 kali kesempatan untuk laki-laki, 3 kali untuk Wanita).
    3. Motor Tiger, (3 kali kempatan untuk laki-laki, 3 kali untuk Wanita), Pilihan ini sepi peminat, jadi yang biasa pakai motor kopling bisa langsung, artinya ngantrinya gak lama-lama. Agan bisa duluan, walaupun datang belakangan. Enak gak tuh...
  2. Jika pada giliran anda, tenang, jangan grogi. Bismillah... (Agan seperti artis, ditonton orang banyak).
  3. Masukkan Gigi 2 motor yang agan pakai, supaya gasnya agak stabil.
  4. Konsentrasi dan tenang
  5. Alhamdulillah selesai... kalo memang "gagal", jangan putus asa gan... coba lagi aja, tapi emang sedih banget sih :(
Setelah selesai, agan akan diarahkan untuk ujian teori, seperti ujian sekolah. Bedanya kalo ini soal ujiannya menggunakan Slide. Jadi ada 4 tombol (A, B, C, dan Reset). Pak Polisinya nanti menjelaskan, jadi santai saja.

Oh ya, ini penting banget. Disaat agan menunggu giliran ujian teori, Jangan sia-siakan keterangan rambu-rambu yang terpampang di ruang tunggu ujian teori, besar kemungkinan soal-soal muncul dari situ. dan biasanya ada juga TV yang menampilkan Video Visual tata tertib berkendara. Perhatikan dan pahami, Jangan cuman bengong doang.

sumber : phenyukerooo[.]blogspot[.]com

Pengalaman SIM A


Tapi untuk saat ini gw masih Gagal untuk yang SIM A, (padahal gw udah sering bawa mobil di Jakarta, bahkan perasaan udah 7 kali PP Jakarta-Cirebon dah). Kok Ujian Praktek masih gagal aja huhuhu :(

Gw sadar, ini memberi pelajaran kalo Standard pembuatan SIM di Indonesia tinggi sekali (karena aku gagal he..he).

Kalo ini yang SIM A untuk ujian prakteknya ada 4 tahap:
  1. Uji Parkir Paralel
  2. Uji Parkir Seri
  3. Uji Tanjakan
  4. Uji Lintasan Zig-zag
Sekian dulu celotehan kali ini, semoga bermanfaat... Sory kalo tulisan diatas ada yang susah dipahami. Thanks
Sumber: Pengalaman, simkeliling.info, dsb.

No comments:

Post a Comment