Pengalaman PKL Mahasiswa Fisika Instrumentasi di LIPI Fisika Serpong

Sumber gambar http://www.fisika.lipi.go.id
Pengalaman PKL ini sebenarnya sudah saya lakukan 23 Januari sampai 23 Februari. Sedangkan saya baru menulisnya sekarang, tujuan saya tulis pengalaman mudah-mudahan ada dari temen-temen yang minat untuk melakukan PKL di LIPI Fisika.

Pada awalnaya keinginan untuk melanjutkan PKL ini, sebenarnya sangat ingin sekali mencoba di perusahaan yang sesuai dengan minat saya dibidang Instrumentasi. Namun pada akhirnya memutuskan untuk mendaftarkan ke LIPI Fisika.

Prosedur yang diharus dilakukan oleh mahasiswa yang ingin melanjutkan PKLnya di LIPI Fisika, menurut saya tidak sulit. Bahkan menurut saya sangat dipermudah. Saat itu yang saya persiapkan Surat pengantar PKL, Proposal Penelitian, dll, semua sudah ada alur pangajuan di website resmi LIPI Fisika. Ini link yang kalian harus baca (http://www.fisika.lipi.go.id/layanan/alur-pengajuan). Kalian tinggal mengikuti prosedur yang ada disana.

Namun sebelum pengajuan data-data tersebut, saat itu saya memiliki kontak calon pebimbing PKL di LIPI Fisika, kontaknya saya dapat dari senior yang pernah dibimbing dengan dia, sehingga saya dengan teman saya menemui pebimbing tersebut. Istilahnya ingin mengetahui bagaimana yang nanti saya lakukan di sini. Sehingga saya makin mantab untuk memutuskan melakukan PKL disini.

Yang biasanya dilakukan adalah, melihat spesifikasi tema penelitian yang diinginkan. Kemudian melihat daftar nama-nama Peneliti yang tertera di website. Jika dirasa sudah cocok, baru dilakukan pengajuan.

Saat itu proposal penelitian yang saya buat tidak sesuai dengan penelitian yang saya lakukan. Disini kita melakukan kesepakatan dengan peneliti LIPI,bisa kita mengajukan topik penelitian, namun peneliti juga biasanya menawarkan topik penelitian yang berbeda, walaupun masih dalam lingkup tema yang sama.

Saat itu saya ditawarkan banyak topik, kalo gak salah ada 4 atau 5 topik yang ditawarkan (agak lupa), termasuk permintaan dari kitanya. Topik penelitian di sesuaikan dengan kondisi, mungkin pada saat itu alat yang akan digunakan sudah penuh (digunakan oleh peneliti lainnya) atau topik yang sedang "dikejar" oleh peneliti atau yang lainnya. Kemudian saya pulang, untuk memikirkan persiapan dan memutuskan topik mana yang saya ambil.

Besok harinya, saya kembali menemui peneliti (pembimbing) untuk memutuskan pilihan topik penelitian saya. Akhirnya topik yang saya ambil berkaitan dengan Analisis Kuantisasi Laser. Jauh dengan peminatan yang saya ambil yaitu Instrumentasi. Kalo di LIPI sebenarnya ada juga peneliti yang fokus dengan fisika instrumentasinya tapi saya ingin mencoba hal yang lain.

PKL di LIPI tidak sendirian, bahkan menurut saya jutru banyak dari mahasiswanya yang mondar-mandir lab, entah dari mahasiswa yang sedang magang, PKL, dan TA. So, pastinya akan dapat kenalan baru dari kampus-kampus lain.

LIPI Fisika tempatnya adem, dikelilingi pohon-pohon besar. Suasanya yang hening, sepi, jauh dari keramaian, cocok banget buat para peneliti. Untuk lokasinya lumayan jauh dari pintu gerbang, kalo yang gak punya kendaraan, jangan khawatir. Biasanya pagi ada bis yang siap untuk antar pergi-pulang dari gerbang ke lokasi-lokasi komplek Puspitek. Just info, Untuk LIPI Serpong lokasinya itu di Puspiptek, disitu ada BATAN, LIPI, BPPT. Intinya kawasan penelitian.

PKL hanya 1 bulan, memang diawal serasa lambat dan masih bingung mau ngapain step-stepnya dan penyesuaian dengan kondisi yang baru. Namun meneliti sebulan itu sangat cepat, setau saya yang namanya penelitian sains membutuhkan effort, biaya dan waktu yang banyak. Waktu satu bulan menurut saya sangat singkat, namun ini hanya sekedar PKL, mencoba dunia profesi peneliti. Kalo kata dosen saya, "Mencoba alat, sudah dikatakan PKL".

Diakhir PKL yang kalian harus lakukan adalah presentasi hasil penelitian didepan temen2 grup peneliti dan juga peneliti-peneliti, gak banyak waktu itu. Diskusi dan sharing ilmu terkait topik yang kita presentasikan.

Saya simpulkan, untuk menghasilkan sebuah hasil penelitian membutuhkan usaha, biaya, dan juga waktu berfikir yang lumayan. Pengalaman saya saat itu, biaya yang dikeluarkan untuk penelitian bagi kantong mahasiswa tidak murah, tapi Alhamdulillah di LIPI di hadle semuanya. Yang saya rasakan setelah PKL di LIPI Fisika adalah ketertarikan didunia penelitian bertambah. Perbedaan negara maju dengan negara berkembang salah satunya pada sektor penelitian, dan kalian bisa ikutan untuk memajukan dunia penelitian. Jadi mencoba menjadi dan belajar menjadi peneliti.

2 comments:

  1. Kami sekeluarga mengucapkan banyak terima kasih atas bantuannya mbah , nomor yang mbah berikan/ 4d sgp& hk saya dapat (350) juta alhamdulillah tembus, seluruh hutang2 saya sudah saya lunas dan kami bisah usaha lagi. jika anda ingin seperti saya hub mbah_puro _085_342_734_904,atau KLIK DI SINI terima kasih.

    Kami sekeluarga mengucapkan banyak terima kasih atas bantuannya mbah , nomor yang mbah berikan/ 4d sgp& hk saya dapat (350) juta alhamdulillah tembus, seluruh hutang2 saya sudah saya lunas dan kami bisah usaha lagi. jika anda ingin seperti saya hub mbah_puro _085_342_734_904,atau KLIK DI SINI terima kasih.

    Kami sekeluarga mengucapkan banyak terima kasih atas bantuannya mbah , nomor yang mbah berikan/ 4d sgp& hk saya dapat (350) juta alhamdulillah tembus, seluruh hutang2 saya sudah saya lunas dan kami bisah usaha lagi. jika anda ingin seperti saya hub mbah_puro _085_342_734_904,atau KLIK DI SINI terima kasih.

    ReplyDelete
  2. boleh tanya tanya ngga kak mengenai info magang/kp di LIPI fisika,?

    ReplyDelete